Jumat, 18 Oktober 2013

BISNIS EKONOMI KREATIF

PENGANTAR BISNIS

BISNIS  EKONOMI  KREATIF
PENDAHULUAN

Bisnis merupakan suatu usaha yang dijalankan oleh seorang individu atau kelompok yang didalamnya tidak terlepas dari aktivitas produksi,pembelian,dan penjualan.Aktivitas dalam bisnis pada umumnya memiliki tujuan untuk menghasilkan keuntungan/laba sebanyak-banyaknya untuk kelangsungan aktivitas bisnis dan bagi pemilik bisnis.Kemajuan teknologi yang berkembang pesat mendorong munculnya bisnis-bisnis baru yang banyak muncul sekarang-sekarang ini.Jenis-jenis dan peluang bisnis yang baru mulai bermunculan,bisnis baru yang semula tidak dikenal oleh masyarakat ini sekarang mulai menyebar di masyarakat,seperti Bisnis Ekonomi Kreatif.Dengan adanya bisnis baru tersebut dan keadaan yang ada sekarang ini memaksa pelaku bisnis maupun pihak-pihak yang baru yang ingin lebih mengenal dan menekuni bisnis tersebut untuk lebih kreatif dan proaktif dalam menyikapi persaingan bisnis yang ada di dunia bisnis sekarang ini.Untuk mendapatkan terobosan-terobosan bisnis yang baru,para pelaku bisnis mencari bidang bisnis yang baru seperti yang sedang marak sekarang ini yaitu bisnis ekonomi kreeatif.Bisnis ekonomi kreatif merupakan suatu bisnis baru yang dapat memberikan keuntungan yang lebih besar dengan cara yan lebih sederhana dan dapat dilakukan dengan mudah oleh semua kalangan masyarakat.

Latar Belakang
Bisnis-bisnis baru yang mulai muncul didunia bisnis seperti bisnis ekonomi kreatif saat ini mulai diminati oleh masyarakat luas.Bisnis baru ini merupakan suatu terobosan yang dipilih oleh masyarakat untuk memperbaiki keadaan ekonomi mereka karena bisnis ekonomi kreatif dalam pelaksanaannya lebih mudah dipahami dan dilaksanakan oleh masyarakat dan memberikan memiliki keuntungan yang lebih yang dapat untuk memperbaiki kondisi suatu ekonomi.Sehingga masyarakat lebih memilih bisnis baru ini untuk mereka berbisnis,dengan keuntungan yang besar dan cara yang mudah inilah mengapa masyarakat lebih memilih bisnis ini.Berikut akan saya ulas tentang bisnis ekonomi kreatif.



Rumusan Masalah
Dengan adanya suatu bisnis baru yaitu bisnis ekonomi kreatif yang ada didalam  masyarakat sekarang ini  menjadikan masyarakat menjadi lebih kreatif dalam mengembangkan bisnisnya.Masyarakat menjadi lebih tertarik dengan bisnis baru ini yang menawarkan keuntungan yang tidak sedikit dan cara berbisnis yang lebih mudah dibandingkan dengan bisnis-bisnis lain.Hal inilah yang menjadikan maraknya bisnis ekonomi kreatif yang terjadi sekarang-sekarang ini.

Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui perkembangan bisnis ekonomi kreatif yang ada dimasyarakat dan bagaimana kontribusinya terhadap perekonomian Indonesia.

LANDASAN TEORI

1.       Menurut Visi Pemerintah
Ada pula definisi Industri Kreatif dari visi Pemerintah, sebagai berikut: Industri-industri yang mengandalkan kreatifitas individu, keterampilan serta talenta yang memiliki kemampuan meningkatkan taraf hidup dan penciptaan tenaga kerja melalui penciptaan (gagasan) dan eksploitasi HKI. (Diambil dari definisi UK Department of Culture, Media and Sport, 1999).
Teori/ramalan Alvin Toffler bahwa gelombang peradaban manusia itu dibagi tiga gelombang. Gelombang pertama adalah abad pertanian. Gelombang kedua adalah abad industri dan gelombang ketiga adalah abad informasi. Sementara ini Toffler baru berhenti disini. Namun teori-teori terus berkembang, saat ini peradaban manusia dengan kompetisi yang ganas dan globalisasi, masuklah manusia pada era peradaban baru yaitu Gelombang ke-4. Ada yang menyebutnya sebagai Knowledge-based economy ada pula yang menyebutnya sebagai ekonomi berorientasi pada Kreativitas.

2.       Menurut Alvin Toffler

PEMBAHASAN
Bisnis ekonomi kreatif merupakan suatu bisnis atau usaha yang didalamnya melibatkan pemanfaatan kreativitas,ketrampilan dan suatu bakat dari individu atau pelaku bisnis untuk dapat menciptakan pekerjaan baru dengan terobosan-terobosan yang baru guna untuk mencapai kesejahteraan hidup dan memperbaiki suatu keadaan perekonomian dengan mengeksplor semua kreatifitas dan daya cipta yang dimiliki oleh masing-masing individu untuk menciptakan bisnis-bisnis yang baru dan lebih kreatif dibandingan dengan bisnis-bisnis yang lainnya.Bisnis ekonomi kreatif memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan bagi perekonomian Indonesia sehingga perekonomian dapat menjadi lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya.Caranya adalah dengan menciptakan kota-kota kreatif yang diikuti dan diimbangi dengan pembangunan infrastruktur informasi dan komunikasi yang mudah diakses hal ini akan memberikan dampak pada pekerja yaitu pekerja akan memiliki talenta yang tinggi yang akan menciptakan inovasi dan terobosan baru untuk mengembangkan usaha tersebut.
Dalam perkembangan tahapan  industrialisasi global, sejatinya saat ini dunia tengah memasuki era industri gelombang keempat, industri ekonomi kreatif (creative economic industry),  usaha industri ekonomi kreatif diprediksi akan menjadi industri masa depan sebagai  fourth wave industry (industri gelombang keempat).
Industri gelombang keempat sangat menekankan pada gagasan dan ide kreatif, dengan  intensifitas  informasi dan kreativitas, mengandalkan ide dan stock of knowledge dari Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya. (The Creative Economy Howkins,  2001)
Bagi ekonomi Indonesia,  momentum perkembangan industrialisasi gelombang keempat   tersebut,  sarat dengan peluang yang dapat dimanfaatkan bagi peningkatan kejayaan ekonomi Indonesia, mengingat Indonesia dianugerahi beragam kekayaan potensi ekonomi kreatif berbasis seni/budaya  khas dan unik.
Pengembangan ekonomi kreatif bagi Indonesia, setidaknya memiliki dua manfaat sekaligus,  yakni  leverage  pertumbuhan ekonomi yang pro rakyat  dan  sekaligus penguatan identitas kultural bangsa yang dapat mempertegas dan memperkaya identitas nasional.
Pengembangan ekonomi kreatif juga sejalan dengan arah pembangunan ekonomi kerakyatan, dengan mengedepankan peran nyata koperasi dan UKM berprinsip berkeadilan dan bermartabat, sehingga  pertumbuhan dan stabilitas ekonomi dapat dinikmati secara lebih merata oleh seluruh komponen masyarakat  (inklusif  growth).
Menurut data yang dihimpun oleh Badan Pusat Statistik Indonesia tentang Ekonomi Kreatif (Ekraf) ada beberapa poin yang bisa disorot:
1.   Sektor ekonomi kreatif merupakan sector ke-7 terpenting dari 10 sektor ekonomi nasional. Di 2011, pertumbuhan Product Domestic Bruto (PDB) Ekraf mencapai 4.91%. Ekraf mengungguli Pengangkutan & Komunikasi; Keuangan, Real Estat & Jasa Perusahaan; Listrik Gas & Air Bersih.
2.   Kontribusi PDB Ekraf terbesar dihasilkan subsektor kuliner (32,2% senilai 169,62 T), fesyen (28.1% senilai 147,6 T) dan kerajinan (15,1% senilai 79,4 T)
3.   PDB nominal Ekraf selalu mengalami trend yang meningkat, di tahun 2011 mencapai 526 T, naik 0.16% dibanding 2010 yang mencapai 472.8 T
4.   Tenaga kerja sektor Ekraf juga otomatis permintaannya meningkat di 2011 hingga mencapai 11,51 juta orang, naik 4,91% dari 2010 yang hanya 11,49%
5.   Kontribusi tenaga kerja terbesar diserap subsector Fesyen (32,4% senilai 3,73 jt orang) , kuliner (32,1% senilai 3,7 jt orang), dan kerajinan (25,6% senilai 2,95 jt orang).

Kesimpulan
Bisnis ekonomi kreatif merupakan bisnis yang memberikan kontribusi yang sangat besar bagi perekonomian Indonesia.Dengan bisnis ekonomi kreatif keadaan ekonomi di Indonesia akan menjadi lebih baik,hal ini disebabkan karena bisnis tersebut memberikan keuntungan yang signifikan terhadap suatu perekonomian.Bisnis ekonomi kreatif juga merupakan bisnis yang saat ini menjadi pilihan bisnis bagi masyarakat luas karena bisnis tersebut mudah untuk dijalankan untuk siapa saja dan memberikan keuntungan yang tidak sedikit sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk menggeluti bisnis tersebut.Bisnis ekonomi kreatif juga mudah dijalankan bagi siapa saja yang ingin berbisnis,dengan cara yang mudah dan pemahaman mengenai bisnis tersebut yang sederhana juga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat luas.Dalam bisnis ini kretifitas dan ketrampilan sangat diperlukan guna menciptakan suatu produk yang baru yang memiliki daya saing tinggi terhadap produk lain.
Saran-saran
Untuk memperbaiki kondisi perekonomian suatu negara,bisnis ini sebaiknya mulai dikembangkan di negara-negara yang memiliki kondisi ekonomi yang saat ini masih rendah seperti Indonesia karena dengan bisnis ekonomi kreatif tersebut akan menjadikan perekonomian di Indonesia menjadi lebih baik lagi serta meningkatkan talenta/kemampuan masyarakat menjadi lebih berpotensi,kreatif dan menjadikan manusia yang terampil  guna mencapai kesejahteraan.

Daftar Pustaka
Howkins, John 2001.The Creative Economy: How People Make Money From Ideas:Penguin


Badan Pusat Statistik Indonesia. 2012 Statistik Ekonomi Kreatif. Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar